Monday 14 December 2009

Apa itu Virus ?

 Program antivirus merupakan program yang bisa mendeteksi virus dan menanggulangi serta menyelamatkan dokumen untuk terinfeksi oleh virus. Secara umum ada dua jenis program antivirus, yaitu


* On-access scanner
merupakan program antivirus yang akan selalu aktif dalam saat Anda menggunakan komputer. Program antivirus seperti ini akan secara otomatis memeriksa dokumen-dokumen yang Anda akses dan mendeteksi virus dalam dokumen di komputer Anda.

* On-demand scanner
merupakan program antivirus yang akan aktif bila Anda membuka atau memulai program antivirus di komputer Anda. Program Antivirus ini harus diaktifkan secara manual tidak secara otomatis berjalan.


Selain jenis diatas, ada juga  jenis anti-virus yang menerapkan pemindaian secara heuristic. Heuristic disini artinya yaitu pemindai virus dengan cara atau aturan umum yang menjadikan indikator adanya virus. Jenis ini sedikit berbeda dengan jenis pemindai yang lain yaitu untuk jenis ini Anda tidak perlu mengupdatenya terlalu sering.

Siapa yang menulis virus?
Semua orang yang bisa membuat virus selama orang tersebut mengerti bahasa pemrograman. Pembuat virus membuat virus dengan latar belakang atau alasan yang berbeda-beda mulai dari untuk menyebarkan pesan (baik positif maupun negatif ) hingga ingin menembus privacy akun untuk keuntungan pribadi.

Mereka mampu untuk masuk ke dalam sistem komputer seseorang, mendapatkan berbagai informasi, seperti alamat e-mail dan lain-lain dan kemudian bisa saja menjual informasi tersebut kepada spammer. Menurut beberapa penelitian, diketahui bahwa rata-rata pembuat virus adalah laki-laki, berumur dibawah 25 (dua puluh lima) tahun dan masih lajang.

Kronologi sejarah virus komputer

* 1950s - Bell Labs membuat suatu game eksperimental dimana pemainnya menggunakan program jahat untuk menyerang komputer pemain lainnya.
* 1975 - Penulis kisah sci-fi, John Brunner, membayangkan suatu worm komputer menyebar melalui jaringan.
* 1984 - Fred Cohen mengenalkan istilah virus komputer di dalam thesisnya.
* 1986 - Virus komputer pertama bernama Brain ditulis oleh dua orang bersaudara di Pakistan.
* 1987 - Worm yang bernama Christmas tree menyerang jaringan komputer IBM.
* 1988 - Worm internet menyebar pada jaringan US DARPA.
* 1992 - Terjadi kepanikan di dunia terhadap virus Michelangelo.
* 1994 - Good Times, virus hoax pertama muncul di dunia.
* 1995 - Virus dokumen pertama yang bernama Concept, hadir di dunia.
* 1998 - CIH atau Chernobyl menjadi virus pertama yang mampu untuk mengganggu hardware komputer.
* 1999 - Mellisa, virus yang menyebarkan dirinya melalui e-mail menyebar ke seluruh dunia. Kemudian virus Bubbleboy, menjadi virus pertama yang mampu menginfeksi komputer ketika Anda membaca e-mail Anda.
* 2000 - Love Bug, menjadi virus e-mail yang sukses. Pada saat itu juga ditemukan virus pada sistem operasi Palm.
* 2001 - Virus yang mengklaim dirinya berisi foto pemain tenis Anna Kournikova menginfeksi ribuan komputer di seluruh dunia.
* 2002 - David L Smith, pembuat virus Mellisa, diputus oleh pengadilan Amerika untuk di penjara selama 20 bulan.
* 2003 - Worm Blaster menyebar di internet dengan memanfaatkan kelemahan pada sistem operasi Windows. Pada saat yang sama juga menyebar virus e-mail yang bernama Sobig, ini membuat bulan Agustus 2003 menjadi bulan terburuk untuk insiden virus pada tahun tersebut.
* 2004 - Pembuat worm Netsky dan Bagle saling bersaing untuk meraih efek yang paling besar.

Apakah membuat virus itu selalu salah?

Beberapa virus bersifat tidak merusak atau bahkan ada yang berisi hal-hal yang tidak masuk akal. Terkadang beberapa diantaranya memberitahu kita mengenai adanya kelemahan pada suatu peranti lunak tertentu. Beberapa orang ada yang berargumentasi bahwa virus ini dapat digunakan untuk menyebarkan bug fix. Sayangnya virus-virus yang bertujuan tidak merusak ini juga tidak bisa bertahan lama keberadaannya dan juga tetap saja tidak disenangi oleh semua orang.

Pertama, karena virus mampu untuk merubah setting pada komputer seseorang tanpa sepengetahuannya. Ini merupakan perbuatan yang tidak etis sekaligus juga ilegal pada sebagian besar negara di dunia ini, baik itu bertujuan baik atau buruk. Anda tidak boleh mengganggu komputer orang lain, ini sama analoginya dengan Anda meminjam mobil orang lain tanpa ijin, walaupun Anda mengisikan bahan bakarnya.

Kedua, virus seringkali bertingkah lebih jauh dari harapan si pembuat virus. Virus yang dibuat secara asal-asalan bisa menimbulkan masalah lain yang lebih besar. Meskipun itu tidak berbahaya pada sistem tertentu, tetapi bisa saja menimbulkan masalah pada sistem yang lain.Ketiga, virus dapat menyebar secara cepat, dan dalam hal ini si pembuat virus tidak bisa mengontrol penyebarannya lagi dan siapa saja bisa terinfeksi oleh virus tersebut.

Dalam beberapa kasus, membuat virus dianggap sebagai barang bukti bahwa suatu virus jenis baru bisa melakukan sesuatu terhadap suatu sistem. Ini biasanya dinamakan proof-of-concept virus. Biasanya virus ini tidak memiliki efek tertentu dan tidak disebarkan ke jaringan publik. Ada lagi penulis virus yang mengklaim aktivitasnya sebagai suatu riset. Biasanya virus-virus ini belum sempurna pembuatannya sehingga berbahaya jika dilepas ke publik.

Bagaimana mencegah virus

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah virus, yaitu antara lain :

* Membuat orang paham terhadap risiko virus, sehingga dapat lebih berhati-hati


* Install program anti-virus dan secara reguler update-lah

*Gunakan software patch untuk menutup lubang security komputer Anda

* Aktifkan Firewall Komputer Anda

* Selalu backup secara reguler data Anda


sumber : http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=803

2 comments:

  1. Artikel yang bagus...Dan jumlah artikelnya juga sudah banyak..Tapi kenapa blognya ga ke index sama google yah???udah di daftarin blom ke mbah google?
    mr.wishnu@gmail.com

    ReplyDelete
  2. emmm....mbo' dikaci taw cara btnya viruzzz... dunx/

    ReplyDelete

Bagi yg mw comment, silhkan tinggalkan comment di sini...thanks^^