Friday 11 December 2009

Tips Ampuh Basmi Virus

Anda sedang dipusingkan dengan virus yang merajalela di komputer Anda? Tidak perlu khawatir, lakukan beberapa langkah berikut ini :

1.NONAKTIFKAN SYSTEM RESTORE. 

Cara menon-aktifkan Fasilitas System Restore pada Windows yaitu dengan cara  klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Lalu pilih tab System Restore dan centang bagian Turn off System Restore on All Drive.

2.MATIKAN PROSES VIRUS. 

Gunakan aplikasi seperti Process Explorer, Pocket Killbox, Show Kill Process, The Killer Machine, dan sebagainya untuk mematikan proses virus sehingga virus tidak meyebar luas.

3.PULIHKAN REGISTRY. 

Gunakan Hijack This, Registry Cleaner, atau The Killer Machine untuk memulihkan registry yang telah terkontaminasi oleh virus. Jnagan lupa hapus juga entry Scheduled Task yang dibuat oleh virus jika ada.

4. HAPUS FILE-FILE VIRUS. 

Bila Anda kesulitan menemukan file atau virus yang ada di komputer Anda, gunakan fasilitas Search pada Windows untuk menemukan file-file virus.

5. MUNCULKAN FILE-FILE YANG DISEMBUNYIKAN VIRUS (UNHIDE).

Beberapa virus yang menyerang dokumen, membuat beberapa file atau dokumen menjadi tidak tertampil namun sebenarnya masih ada di komputer kita. Untuk mengatasinya gunakan perintah attrib -s -h pada Command Prompt untuk memunculkannya file yang di hide/ disembunyikan oleh virus.

6.PENCEGAHAN VIRUS KEMBALI.

Hati-hatilah saat melakukan transfer data melalaui media apaun baik hardware maupun jaringan (software) Aktifkan dan setting  file hidden dan ekstensi file pada Windows Explorer serta jangan lupa mengaktifkan otomatis antivirus Anda.

Semoga Bermanfaat :)

3 comments:

Bagi yg mw comment, silhkan tinggalkan comment di sini...thanks^^